Kamis, 01 Januari 2015

Memory Jogja #Part 1

Postingan kali ini gw mau share trip gw pas ke Jogja. Kali aja ada tips atau tempat yang bisa dijadiin acuan buat kalian. Perjalanan ini terjadi ketika menjelang pergantian tahun dari 2011 ke 2012. Awal mulanya dari hasil kongkow-kongkow teman-teman masa jaya (baca: SMA) yang ngebahas libur panjang di akhir tahun yang sayang kalo dilewatkan begitu saja. Maklum, kami sehari-hari udah sumpek nge-romusha jadi pegawai kantoran. Begitu liat tanggal merah dan hari kejepit matanya langsung ijooo ijooo royoo royoo...

Setelah melalui perdebatan panjang akhirnya tanggal keberangkatan disepakati. Armada sudah ditetapkan. Itinerary sudah dibagikan. Tapi eng ing eeeng menjelang hari-H ada sedikit kendala. Temen gw yang dapat jatah in charge armada ternyata gagal dapetinnya. Mobil rental murah meriah yang udah kita incer ternyata keburu dipake duluan sama  orang lain. Well... setelah grasah grusuh akhirnya kita dapetin mobil penggantinya. Walaupun kondisinya jadi ga sesuai dengan ekspektasi kita. Harga rentalnya jadi lebih mahal, dan AC mobilnya sering ngadat.. but finally hiwigoooo kami berangkaaat... cuss!

Keberangkatan disepakati malam hari dengan ekspektasi sampai di Jogja besok paginya. Itu rencana awal. Pada kenyataannya kami sempet kejebak macet beberapa kali. Jadwal keberangkatan bertepatan dengan liburan akhir tahun. Keliatannya banyak orang Jakarta yang juga sepemikiran dengan kami. "Let's go far away from Jekardaaah!" Sempet berenti dulu di Bandung pas tengah malem untuk ngisi perut. Gw agak lupa nama tempatnya apa, yang pasti tempat itu all about purple.. which is my favourite coulour and i supposed to be so excited being there. Tapi kenyataannya... ga. Why? Pelayanannya sungguh mengecewakan. Kita pesen makanan ringan waktu itu, semacem batagor sama siomay. Tapi maaak dari mulai perut laper-kenyang-laper lagi itu makanan ga dateng-dateng. sampe akhirnya pada berkelana nyari makanan lain itu makanan ga juga dateng. Pas makanannya dateng kita udah pada ga selera makan. Jadi akhirnya banyak makanan terbuang percuma. Oh iya. Tempatnya di sekitaran Bandung. Jadi kalo kalian liat tempat makan yg ungu-ungu gitu dari tempat sampe makanannya.. better pass away daripada emosi jiwa nahan laper. Not recommend. Abis dari rumah makan itu kita ngelanjutin perjalanan. Menjelang pagi kita ada di seputaran jawa apa Tasik yah... lupa. Tiba-tiba mobil dikomandoin berenti. Kondisi darurat kayaknya. Dan ternyata salah satu personil Jogja tour jackpot saudara-saudara. Kayaknya karena telat makan tadi malem dan pas di rumah makan ungu itu makannya kacang-kacangan. Enter wind pun tak bisa dihindari. Tips untuk yang mau traveling jauh. Pastiin ga telat makan. Jangan sampe episode senang-senang jadi suram gara-gara kondisi badan kalian yang ga fit. Sementara nunggu temen kita nguras isi perutnya kita turun dan foto-fotooo... Keliatan  ga care gitu? Ga laaah. Kan kalo temen susah kita harus seneng. Kalo kita ikut susah nanti siapa yang ngehibur dia.. hahahaha... Ini gw share foto pas nungguin temen kita lagi jackpot. Gw kanan pake piyama. Keren yah, pagi-pagi piyamaan di kota orang hahaha.... Oh iya dari awal berangkat gw udah putusin untuk ga pake baju rapi-rapi. Berhubung kita berangkat juga udah malem dan isi mobilnya ya temen-temen kita juga makanya nyari pakaian senyaman mungkin. Udah kebayang bakalan berjam-jam di mobil soalnya (another tips).

Ini kondisi di mobil setelah acara jackpot. Yang jackpot, Gunandar, tertidur pulas. *pukpuk...

Perjalanan kemudian kita teruskan. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, dan agar tidak mengulangi kesalahan yang sama akhirnya kita berhenti lagi sebelum pada kelaperan. Daripada ada sesi jackpot kedua. Kali ini kita berenti di daerah Purwokerto. Ga terlalu tau sebenernya khasnya daerah sini apa, tau-tau rumah makan bebek yang kami singgahi. Gw sendiri ga suka bebek, makanya milih makan ayam. Jadi ga bisa rekomendasiin rasa bebeknya. Sepantauan gw sih semua makanan ludes disantap. Entah yah memang enak atau karena kelaperan heuheuheu...

Perjalanan kami lanjutin kembali. Dan akhirnya sampai di Jogja sore sekitar jam duaan. Molor dua belas jam dari perkiraan. Pyuuuyaah. Semua langsung tepar. Perjalanan kali ini tujuan penginapannya di daerah Sleman, di rumah si mbahnya salah satu personil Jogja tour. Gratis jo! Yes, budget sudah dibuat seminimalis mungkin. Udah dipikirin mateng-mateng gimana caranya kita bisa senang-senang dengan budget ringan (tips buat yang mau arrange tujuan wisata, bisa dipertimbangkan untuk ngajak akamsi, baca: anak kampung sini untuk menghemat biaya penginapan)

Penampakan omahe simbah kayak gini. Yang tengah itu Yoga, cucunya si mbah. Personil Jogja tour juga.

Pas sampe Jogja pas tanggal 31 Desember. Jadi pas malem taun baruan. Rencananya malemnya kita mau nongkrong di Alkid (alun-alun kidul). Abis istirahat masih sempet kongkow-kongkow sorenya di depan rumah.

Abis magrib, semua udah siap kita udah ready untuk dolan-dolan nang Jogja . Pas udah deket ke Alun-alun situasinya kayak gini.

Lalu lintas ke arah alun-alun ditutup saking padatnya. Seharusnya kalo masih pengen ke alun-alun masih bisa. Tapi ya..itu. Kendaraan harus stop sampe jarak yang cukup jauh untuk lanjut lagi dengan becak atau jalan kaki. Tipsnya untuk kalian yang pengen taun baruan diseputaran alun-alun kidul, kudu dari sore dateng kesana untuk menghindari traffic jam atau penutupan arus lalu lintas. Kalo kita akhirnya putusin untuk ganti tujuan. Alih-alih ke Alkid akhirnya kita menuju bukit bintang. Apa itu bukit bintang? Mbuh... nanti kita liat yah ketika sampai disana. Itinerary kami selama di Jogja sepenuhnya diserahkan ke Mas Yossie, satu lagi akamsi. Kalo yang ini  lahir dan besar di Jogja. Cuma nyari peruntungan di Jakarta bareng kita. Kalo Yoga dapet jatah in charge penginapan sebagai akamsi, Mas Yossie in charge jadi supir pribadi kami merangkap tour guide. Yup! Jakarta-Jogja-Jakarta by Mas Yossie. Muahahaha... tour murah meriahlah kali ini pokoknya.

Sebelum ke bukit bintang kita mampir dulu ke angkringan. Nyobain nasi kucing biar kayak anak-anak gahuuul Jogja. Makan puas, harga murah.

Yang pegang kamera itu Mas Yossie. Our tour guide and pilot.Hohoho...

Perut sudah kenyang langsung cuss bukit bintang. sampe disana ternyata kondisinya ga jauh beda sama lalu lintas ke Alun-alun. Akhirnya kita taro mobil dan putusin jalan kaki menucu bukit bintang. Sebelum jalan foto dulu sama Pak Pol sekalian titip mobil biar dijagain. Huehehehe...

Jalan menuju bukit bintang menanjak dan berkelok-kelok. Kayak jalanan mau ke puncak Bogor kurang lebih. Lumayan juga malem-malem jalan kaki agak jarak satu kilo. Tapi karena rame-rame dan hati syenaang ga berasa. sampai saat ini masih belum tau kenapa dinamain bukit Bintang. Tapi kalo liat dari penampakannya, kayaknya karena letaknya yang di dataran agak tinggi dan bisa liat langit dengan cukup jelas, makanya gampang liat bintang-bintang. Makanya dinamain bukit Bintang. Ya anggap aja begitu deh. Huehehehe...Ga ada yang spesial sih di bukit ini. Kecuali kerumunan orang yang ramai luar biasa yang ternyata naik ke atas untuk menyaksikan kembang api dari ketinggian biar lebih indah. Di kiri-kanan jalan ada gubuk-gubuk yang menyediakan makanan-makanan ringan, dan minuman hangat. Persis kayak gubuk-gubuk di Puncak Bogor. Karena kita dateng udah kemaleman, kita ga kebagian gubuk untuk disinggahi. Akhirnya kita luntang-lantung dipinggir jalan  sambil nungguin malam pergantian tahun. Selain ramai orang, ramai juga dengan motor yang lalu lalang dan berisik gak karuan. Jadi kondisinya yang datang menggunakan sepeda motor tetep naik dengan gunain motor.

Malam pergantian tahun pun tiba. Ledakan kembang api dan petasan dimana-mana. Meriah... semeriah raungan dari knalpot ribuan motor

Gambar diatas kemeriahan kembang api pada saat pergantian tahun.
Sedangkan gambar di bawah... yup me. Tepar mabok bau kanvas rem. Jumlah motor yang saingan sama jumlah manusia bikin motor-motor ga bisa jalan keman-mana. Sedangkan motor yang dari bawah terus berdatangan. Akhirnya kondisi di puncak tumpah ruah manusia campur motor yang meraung-raung ga karuan dan menimbulkan buangan yang bikin sesak napas. Udah ga tahan dengan kondisi tersebut tapi ga mungkin turun sendirian. Akhirnya pasrah nge-fly pake minyak kayu putih

Orang Jogja sedang senaaang

Karena ga dapet tempat buat makan akhirnya pulang dari bukit Bintang ujung-ujungnya cari minimarket karena kelaperan hahaha

Sekian dulu postingan Jogja tour..next gw terusin lagi jalan-jalan nang Jogja iki...